Beberapa waktu yang lalu kita telah membahas mengenai Penjualan Barang atau Jasa di Internet.
Kali ini kita akan berbicara mengenai cara-cara mempromosikan toko
online yang sudah kita buat tersebut agar dikenal semua orang bahkan ke
seluruh penjuru dunia... muluk2 dikit ndak apa2 kan.... :)
Ok langsung aja..... dalam berpromosi ini saya membaginya kedalam 2 bagian yaitu promosi secara online dan offline.
A. Promosi secara online
Adalah promosi dimana iklan kita nantinya akan dimuat di internet. Adapun macam iklan online adalah sebagai berikut :
- Search Engine
Cara promosi ini merupakan yang paling efektif menurut saya. Kenapa?
Karena hampir semua pengunjung internet dalam mencari apa-apa yang
dibutuhkannya biasanya lewat jalur ini. Dewasa ini banyak search engine
bertebaran di internet dan kabar gembiranya untuk mendaftar ke search
engine ini gartisss tanpa bayar. Diantara search engine yang paling
dikenal antara lain google.com, yahoo.com, altavista.com, infoseek.com,
lycos.com, excite.com, webcrawler.com, hotbot.com dan lain-lain. Untuk
yang dalam negeri juga ada misalnya searchindonesia.com,
indocenter.co.id dan catcha.co.id Bagaimana caranya agar toko online
kita terlist di search engine ? ya tentunya kita harus mendaftarkan
toko online kita ini ke search engine bersangkutan dengan mengunjungi
situs tersebut dan cari tombol add URL atau suggest URL kemudian ikuti
petunjuk yang ada - Iklan di Google AdWords
Google AdWords adalah program iklan dari google.com dimana kita bisa
mendaftarkan toko online kita untuk ditampilkan pada halaman hasil
pencarian google ketika pengunjung Google.com mengetikkan kata kunci
sesuai dengan kata kunci adwords kita. Misal kita mempunyai toko online
yang khusus menjual batik dan ingin mendaftarkannya ke program iklan
ini, kata kunci yang digunakan misalnya adalah "batik" maka setiap kali
ada sebuah pencarian di google oleh pengunjung yang kebetulan
menggunakan kata kunci batik, maka kemungkinan iklan kita akan muncul
pada daftar pencarian tersebut.
Contoh tampilan di Google.com dimana kata kunci yang kita gunakan
adalah "batik" - Iklan di Google AdSense
Google AdSense merupakan program iklan dari google yang bekerjasama
dengan blogger/pemilik website. Melalui program periklanan AdSense,
blogger / pemilik website yang telah mendaftar dan disetujui
keanggotaannya oleh Google diperbolehkan memasang iklan yang bentuk dan
materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka.
Jadi jika kita mempromosikan toko online kita di program ini, maka
iklan kita akan muncul di halaman situs-situs yang memang mamasang
iklan dari Adsense ini dengan sistem pembayaran pay per click (ppc)
atau bayar per klik.
Jika target pasar kita adalah lokal (dalam negeri), menurut saya cara
ini kurang tepat karena konon iklan adsense belum support untuk website
berbahasa Indonesia. Namun jika Anda ingin tetap beriklan dengan sistem
ini namun iklan bisa tampil di website berbahasa Indonesia, mungkin
cara yang bijak adalah beriklan di website advertising lokal. Saat ini
sudah banyak loh website advertising lokal seperti kumpulblogger.com,
jubelink.com, kliksaya.com, Adsensecamp.com, idblognetwork.com,
biindit.com, dll - Iklan di situs Social
Seperti sudah kita ketahui bahwa saat ini untuk bersosial ria kita
banyak memanfaatkan situs-situs social seperti facebook dan twitter.
Disamping untuk bersosial ria ternyata kita juga bisa beriklan di situs
ini, contohnya adalah Facebook. Beriklan di Facebook menurut sumber
yang pernah saya baca di internet konon lebih efektif jika dibandingkan
lewat adword maupun adsense karena lebih tertarget.
Berikut adalah contoh tampilan iklan di Facebook yang saya lihat via
akun saya : - Iklan di portal
Cara lain berpromosi online adalah beriklan di portal-portal. Cara ini
juga termasuk cukup efektif apalagi portal semacam detik.com yang
merupakan situs berita pertama dan terbesar di Indonesia ini. Dulu saya
pernah ditawari untuk beriklan di detik.com untuk toko online saya
yaitu www.batikmarkets.com, namun harganya cukup menguras isi
kantong, ya udah saya lewatkan.... :)
Waktu itu saya dikirimi proposal Adpoint Detikcom untuk pemasangan
banner iklan di detikcom. Konon dengan menggunakan adpoint detikcom,
sebagai media online terbesar di Indonesia, adalah pilihan yang tepat
untuk mendistribusikan online marketing campaign kita. Karena dengan
cara tersebut campaign kita akan dilihat oleh sebagian besar pengguna
internet di Indonesia. Adpoint Detikcom ini terdiri dari dua produk
yaitu :
Adpoint Reguler : Adalah pemasangan iklan yang kita bayar berdasarkan
jumlah banner iklan yang terlihat/tampil (pay per view).
Adpoint Premium : Adalah pemasangan banner di setiap publisher
detikcom dan bersifat harian. - Iklan di blog pribadi
Nah ini dia cara berpromosi paforit saya..., kenapa ? karena memasang
iklan di blog sendiri kan gratis, apalagi blog ini juga nebeng di
blogspot jadi tidak perlu buang2 biaya untuk sewa domain dan hosting,
disamping itu tampilannya juga bisa kita setting sesuka kita. Lihat aja
tampilan iklan toko online dan pemesanan seragam
batik yang ada di sidebar kanan blog ini, keren kan ? puji ndiri aja akh..... :)
Namun kelemahannya jika blog kita kurang ramai atau bahkan bisa
dibilang sepi senyap (seperti blog ini), maka kemungkinan iklan kita
dilirik orang tipis. Tapi ndak apa2 namanya juga gratisan. yeah...
itung2 nambah back link toh ?
B. Promosi secara offline
Adalah iklan dengan tidak memanfaatkan media internet namun iklan bersifat manual, iklan diantara :
- Meletakkan alamat web di aksesoris seperti kartu nama, gantungan kunci, dan aksesoris lainnya.
- Berpromosi di majalah/koran/buku petunjuk macam yellow page, jangan lupa untuk memasukkan alamat website kita.
- Menjadi sponsor di acara2 tertentu akan mendongkrak popularitas perusahaan
Anda, Ada banyak acara lokal dan nasional yang bisa Anda Sponsori. Pada
saat banner dipasang jangan lupa masukkan alamat tokoonline kita.
Mungkin cara ini untuk Anda yang berkantong tebal kali ya....
0 komentar:
Post a Comment